Website Download Foto / Gambar Bebas Copyright

Image by Anna Itonishvili on Unsplash

Stok foto (Stock Photography) sepertinya telah menjadi kebutuhan yang dicari banyak orang pada era digital seperti sekarang ini pasalnya dengan adanya ketersediaan stok foto, dapat digunakan untuk tujuan spesifik tanpa harus mengambil gambar/foto itu sendiri terlebih jika tidak memiliki pengalaman untuk mengambil foto yang menarik/bagus. Stok foto sendiri justru menjadi industri baru yang berdasarkan wikipedia bahkan telah dimulai sejak 1920an yang mana pada saat itu di amerika agen stok foto bisa meraup keuntungan mulai ratusan hingga ribuan us dollar dalam waktu singkat. Pada saat ini ketersediaan stok foto bisa jadi kebutuhan yang paling dicari bagi sejumlah sektor industri untuk membuat banner/iklan dan digital art seperti foto manipulasi/photo manipulation atau edit foto sehingga dengan adanya permintaan yang besar itu maka banyak fotografer mulai berlomba-lomba untuk juga mendapat keuntungan dengan menjual hasil karya fotonya sehingga dengan membelinya kita dapat menggunakan lisensinya secara penuh terutama jika itu untuk tujuan komersial.

Saat ini ada cukup banyak platform/situs penyedia stok foto namun dikarenakan tidak semua situs tersebut menyediakan stok foto gratis maka akan cukup sulit untuk mendapatkan stok foto yang dibutuhkan secara gratis atau terpaksa dengan membelinya. Pada kali ini penulis membuat daftar website yang biasa menjadi tempat andalan bagi penulis untuk mendapatkan sejumlah stok foto gratis untuk tujuan membuat foto manipulasi ataupun lainnya termasuk komersial, karena beberapa group artist di facebook sering sekali meminta mentahan/tempat download stok foto gratis maka berikut ini adalah beberapa website yang menyediakan stok foto gratis :

  1. Unsplash
    Unsplash adalah salah satu platform komunitas fotografi yang menyediakan banyak foto dengan lisensi CC0  (Creative Common Zero) yang artinya dapat disalin, dimodifikasi, menyebarluaskan secara gratis bahkan tidak memerlukan izin dari pemilik foto (fotografer) dan bisa digunakan untuk tujuan komersial namun tidak di perbolehkan untuk tujuan komersial tanpa perubahan/modifikasi yang signifikan alias klaim foto seseorang menjadi milik sendiri dan diperjual belikan, untuk lebih lengkapnya kalian bisa membaca kesepakatan lisensinya terlebih dahulu disini. Jangan khawatir soal kualitas foto disini, kebanyakan kualitas foto yang tersedia memiliki resolusi cukup tinggi mulai dari 2K hingga 8K resolusi.

  2. Pixabay
    Tidak seperti unsplash yang hanya menyediakan foto, di platform ini selain menyediakan stok foto gratis dengan resolusi yang mulus juga menyediakan stok video, illustrasi dan vektor gratis untuk bisa digunakan kembali sebagai bahan editing kalian untuk berbagai tujuan. Sama seperti unsplash, walaupun berbagai stok yang tersedia dapat digunakan secara gratis namun disini kalian dilarang untuk menjual/mengklaim hasil foto/illustrasi/vektor/video tanpa perubahan/modifikasi yang signifikan, untuk lebih jelasnya dapat melihat kesepakatan lisensinya disini.

  3. Pexels
    Platform/website penyedia stok foto dan video gratis ini sudah ada sejak 2014 yang mana stok foto yang disediakan merupakan kontribusi dari komunitas fotografi, sama seperti unsplash dan pixabay, kalian bisa menggunakan berbagai macam foto/video yang tersedia secara gratis untuk berbagai tujuan termasuk komersial namun tetap perhatikan kesepakatan lisensi, kalian bisa membacanya disini.
Optional :
  1. Deviantart
    Bagi kalangan seniman baik itu seniman digital maupun seniman tradisional tentu platform satu ini sudah tidak asing lagi karena memang tujuan dari platform ini adalah sebagai tempat untuk menampilkan berbagai hasil karya seni seperti 2D/3D, Digital Painting/Drawing, photomanipulation bahkan termasuk karya seni tradisional seperti seni gambar dan lukis hingga fotografi yang bisa dijadikan sebagai stok foto untuk kalian. Namun untuk menggunakan stok foto yang ada di platform ini kalian harus membaca apa saja yang di izinkan dan di larang oleh pemilik foto atau bahkan diharuskan meminta izin langsung oleh pemilik gambar / foto karena lisensi tersebut dipegang langsung oleh pemilik gambar / foto sehingga tidak semua disediakan secara gratis atau sebagai alternatif kalian dapat membelinya sehingga mendapat dukungan dan lisensi penuh.
  2. Adobe Stock
    Dari namanya tentu sudah tidak asing lagi, platform satu ini milik adobe untuk pengguna produk mereka. Disini kalian tidak hanya menemukan stok foto saja melainkan juga tersedia stok video, vector, illustrasi, hingga sound dan 3d object. Sayangnya tidak ada yang gratis disini, kalian harus berlangganan/subscription terlebih dahulu untuk bisa membeli berbagai stok yang di inginkan.
Konklusi :
Platform diatas tidak hanya menjadi tempat bagi komunitas fotografi untuk membagikan hasil karya fotonya yang juga dapat digunakan sebagai stok foto untuk berbagai kebutuhan, selain itu industri stok foto menjadi hal yang tidak terpisahkan di era digital seperti sekarang ini karena stok foto yang di sediakan dapat membantu berbagai kebutuhan salah satunya untuk membuat karya digital (digital arts) seperti photo manipulation maupun periklanan. Tiga platform pertama kalian bisa mendownload dan menggunakannya secara gratis namun tentu ada batasan yang perlu diperhatikan juga sehingga jangan lupa untuk membaca kesepakatan lisensinya. Sedangkan untuk platform pilihan optional hanya sebagai tambahan karena meskipun menyediakan sejumlah stok foto/images tetapi tidak tersedia secara gratis atau memang tujuan utamanya bukan sekedar untuk menyediakan stok foto.
Bayu Radityo

Seorang lulusan teknik informatika yang senang dalam berbagi ilmu pengetahuan, dan membuat karya digital berupa photomanipulation dan digital drawing. instagram external-link

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama