Rencana Bisnis E-Agriculture Perusahaan Ikan Lele


Nama Anggota Kelompok :
·         Abdurrahim Yusuf (50413045)
·         Bayu Radityo (51413674)
·         Faishal Rizqi (53413121)
·         Jonathan Andrew(54413673)
·         Said Umar(58413196)
Kelas : 4IA22
Dosen : Rina Noviana

Ringkasan Eksekutif

Lele merupakan jenis ikan konsumsi air tawar dengan tubuh memanjang dan kulit licin. Di Indonesia ikan lele mempunyai beberapa nama daerah, antara lain: ikan kalang (Padang), ikan maut (Gayo, Aceh), ikan pintet (Kalimantan Selatan), ikan keling (Makasar), ikan cepi (Bugis), ikan lele atau lindi (Jawa Tengah).dan di (Sumatra) dikenal lele sangkuryang Sedang di negara lain dikenal dengan nama mali (Afrika), plamond (Thailand), ikan keli (Malaysia), gura magura (Srilangka), catretrang (Jepang). Dalam bahasa Inggris disebut pula catfish, siluroid, mudfish dan walking catfish.
Dalam usaha budidaya ikan lele, perlu dilakukan secara intensif dan profesional baik mulai dari pemilihan bibit, pembesaran dan sampai ikan siap dipasarkan. Dimana ketiga hal ini merupakan mata rantai yang saling berhubungan, namun bisa berdiri sendiri apabila diusahakan.
Kami sebagai pembudidaya sangat berharap adanya bantuan dana penguatan modal dalam usaha ini. Desa, masyarakat dan pihak-pihak yang berkompeten diharapkan memberi bantuan kepada kami sehingga dapat mengembangkan segala aspek menyangkut tujuan dari pembudidayaan ikan lele tersebut.

Tujuan
1.      Peningkatan  mutu benih ikan lele
2.      Penjualan Ikan berdasarkan periode yang sudah ditentukkan
3.      Mengusai pasar ikan lele
4.      Tercapai kebutuhan konsumen
5.      Meningkatkan jumlah penjualan ikan
Pernyataan Misi

A. Visi
Menjadi satu –satunya perternakan lele yang amanah dan jujur, dengan lele berkualitas tinggi, terwujudnya agribisnis perikanan yang ramah lingkungan

B. 
a.       Memperbaiki kualitas gizi masyarakat indonesia
b.      Agar lebih banyak masyarakat yang mengetahui kemudahan dalam membudiyakan ikan lele
c.       Menciptakan lapangan pekerjaan dan mengurangi pengangguran

Perusahaan
Perusahaan ikan lele yang kami bangun akan menjual benih ikan lele berupa anak ikan lele ,  kemudian kami menjual berupa makanan lele(pelet) dan makanan alami , kemudian benih dan makanan tersebut dijual ke penjual dipasar , dipasarkan secara online dan datang langsung ke kelokasi tambak lele terdekat

Kepemilikan Perusahaan
Perusahaan ikan lele kami ialah termasuk kedalam “Corportion” dikarenakan dengan menggunakan corporation memiliki badan hukum yang mempunyai banyak perusahaan  dibawahnya (anggota) dimana ia memiliki hak dan kewajiban yang berbeda dengan anggota perusahaan.

Sejarah Perusahaan
Dikarenakan perusahaan kami masih baru kami memutuskan berbisnis ikan lele dengan alasan untuk mendapatkan income yang memuaskan dan untuk memajukan bisnis perikanan terutama ikan lele

Lokasi dan Fasilitas Perusahaan
Lokasi perusahaan ikan lele kami berlokasi di Kuningan Jawa Barat yang memiliki fasilitas sebagai berikut :
a.       Gedung Finance                                                   
b.      Gedung Penelitian dan Pengembangan               
c.       Gedung Marketing
d.      Gedung Pemijahan
e.       Ruang Ibadah
f.       Ruang HRD
g.      Ruang Rapat
h.      Pantry
i.        Internet (Free Wifi)
j.        Ruang Karyawan
k.      Kolam Lele dengan ukuran 5 x 4 m
l.        Kantin
m.    Toilet
n.       Lahan Parkir

Produksi atau Jasa

Produksi perusahaan kami yaitu berupa benih ikan lele dan makanannya.

Deskripsi Barang dan Jasa

Barang/Jasa 1

Kami menjual lele dengan berukuran bervariasi dari benih ,sedang dan dewasa.

Barang/Jasa 2

Kami menjual makanan ikan lele yaitu pelet dengan kualiats yang sangat tinggi karena memproduksi dengan hasil research sendiri.

Karakteristik dan Perbandingan kompetitif barang/jasa

Ikan lele yang kami jual dan makanannya sangat berkualitas ,harga produk yang dipasarkan dengan harga terjangkau , segi pelayanan kami menyediakan pelayanan website, customer care , cod.Kami memberikan beberapa penawaran menarik bagi yang mempunyai atau menjadi member perusahaan kami .

Layanan Konsumen

Perusahaan kami melayani konsumen  dengan cara melakukan pelayanan via website yang sudah kami sediakan , kemudian konsumen dapat menghubungi costumer care kami pada jam operasional pada pukul 07.00 – 19.00 . Lalu perusahaan kami menyediakan layanan berupa COD (cash on delivery) agar mempermudah konsumen dalam menerima barang yang dipesan konsumen

Analisis Pasar
Analisis Industri

Pada analisis industri  perusahaan kami terfokus pada segmentasi pasar bisnis dengan memperhatikan tanggapan konsumen terhadapat manfaat yang dicari kemudian waktu pengguna dan merek , merek disini adalah berupa makanan ikan yang perusahaan kami.  

Peramalan Pasar

Perusahaan kami diatas perusahaan lain dikarenakan perusahaan kami sudah memiliki research facility sendiri membudiyakan ikan lele dan makanan ikan lele.

Kunci Untuk Sukses

1.      Kenali ikan lele yang akan dibudiyakan
Kenali dahulu ikan lele yang anda budidayakan , jenis makanannya dan juga jenis ikannya

2.      Persiapkan Kolam Ikan Lele
Persiapkan lahan kolam , kemudian keruk sedalam 50 cm. Setelah lahan tanah untuk kolam sudah dikeruk, buat rangka untuk membuat kolam lele.

3.      Persiapan Air Kolam
Persiapan Air Kolam juga wajib dan berperan penting, banyak penyakit dan tingginya angka kematian ikan lele karena kondisi air yang kurang baik

4.      Pemberian Pakan
Tata cara pemberian ikan lele sangatlah penting

5.      Pengembilan & penebaran indukan atau bibit ikan lele
Belilah benih yang baik pada tempat yang terpercaya.
Strategi bisnis dan implementasi
Perusahaan kami memfokuskan produksi pada ikan dan pakan juga memfokuskan distribusi ke agen agar semakin dikenal oleh masyrakat

Periklanan
Perusahaan kami melakukan pengiklanan di sosial media, website dan sepanduk agar masyarakat lebih tau dan lebih dekat dengan perusahaan kami

Strategi pemasaran
1. Strategi menyerang. Strategi bisnis ini biasanya dijalankan untuk memperbesar tingkat penguasaan pasar. Pada strategi ini. biasanya promo besar-besaran dengan segala macam taktiknya dijalankan. Salah satu contohnya seperti menghadirkan program yang menarik bagi konsumen.
2. Mengembangkan pasar. Strategi yang ini relatif lebih kalem. Karena dengan produk yang selama ini ada, pebisnis akan berupaya untuk mengeksplorasi pasar yang selama ini digarapnya agar bisa lebih maksimal. Strategi ini perlu kejelian dalam melihat pasar.
3. Mengembangkan produk. Berkebalikan dengan strategi bisnis mengembangkan pasar, strategi ini melempar sebuah produk baru pada pasar yang selama ini digarap. Kelebihan strategi bisnis ini adalah karena pasarnya telah dikenali, sedang tantangannya adalah bagaimana membuat produk baru tersebut bisa diterima oleh pasar.

Rencana Penjualan
Kami Menjual  barang produksi  kami dengan cara melalui internet  dan menggunakan agen , kita akan melakukan pelatihan pada agen penjualan yang akan diturunkan dipasar dan diberikan kompensasi 5%.

Aliansi Strategis
Perusahaan Kami memberikan peluang bagi perusahaan lain untuk melakukan kerja sama dalam hal pemasaran, pembagian komisi dan pembuatan perjanjian kerja sama .

Organisasi
Pada perusahaan kami memiliki beberapa komponen organisasi yang terdiri dari :
·         Direktur Utama 
·         Manager Kepegawaian dan Bagian Umum yang terdiri dari:
-          Staff  Kepegawaian
-           Staff Bagian Umum
·         Manager Akunting dan Admin yang terdiri dari :
-          Staff Akunting
-          Staff Admin
·         Manager Marketing yang terdiri dari :
-          Staff Penjualan
-          Staff  Promosi
-          Staff  Pemasaran
·         Manager Produksi  yang terdiri dari :
             -    Staff Produksi

Struktur Organisasi


Team Manajemen
·         Direktur Utama
Nama : Abdurrahim Yusuf
Latar Belakang  : Lulusan S3 Dari Universitas ternama di Indonesia mengerti cara memanage suatu keadaan dan bertanggung jawab
·         Manager Akunting
Nama : Faishal Rizqy
Latar Belakang : Lulusan Universitas luar negeri yang mengerti akan memanage tentang keuangan dan akunting
·       Manager Marketing
Nama : Fauzul Hakim
Latar Belakang : Dosen terbaik yang dapat mengerti tentang pemasaran barang dan mempunyai koneksi antar perusahaan baik dalam negeri ataupun luar negeri
·         Manager Admin
Nama : Jonathan Andrew
Latar Belakang : Seorang IT ternama yang mengerti akan dunia tentang komputer
·         Manager Produksi
Nama  : Bayu Radityo
Latar Belakang : Handal dalam mengatur produksi  barang yang akan di supply ataupun diterima
·         Manager Kegepagawaian
Nama : Said Umar
Latar Belakang : Seorang yang cekatan dan teliti dalam memilih pegawai yang akan diperkerjakan

Kesenjangan Tim Manajamen

Nama : Abdurrahim Yusuf
Keterampilan yang belum dimiliki : Membuat keputusan : Kemampuan untuk mengidentifikasi masalah dan memandangnya secara keseluruhan dan menentukan solusi terbaik untuk memecahkannya. Mengatasi hal ini, perusahaan akan memberikan pendidikan khusus serta melakukan job enrichment, singkatnya perusahaan akan menambah tugas dan tanggung jawab.

Nama : Faishal Rizqy
Keterampilan yang belum dimiliki : Skill Komputer : Saat ini sudah banyak pekerjaan yang menggunakan laptop ataupun komputer karena dapat melakukan pekerjaan dengan cepat dibandingkan dengan menulis dikertas atau buku. Mengatasi hal ini perusahaan akan memberikan pendidikan khusus dan Coaching (bimbingan).

Nama : Fauzul Hakim
Keterampilan yang belum dimiliki : Menganalisa kebutuhan konsumen - Manager marketing harus menentukan dan menetapkan cara apa lagi yang akan dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk. Dalam mengatasi hal ini perusahaan akan memberikan pelatihan baik didalam perusahaan (Internal Training) maupun diluar perusahaan (External Training).

Nama : Jonathan Andrew
Keterampilan yang belum dimiliki  : Cryptography : Merupakan ilmu mengamankan pesan sehingga pesan hanya dapat diakses oleh orang tertentu dalam perusahaan. Menangani hal ini, perusahaan akan memberikan pendidikan khusus, Coaching (pelatihan), dan uji kompetensi baik oleh perusahaan sendiri ataupun Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

Nama  : Bayu Radityo
Keterampilan yang belum dimiliki : Hubungan Manusia : Mengarahkan dan mengontrol agar karyawan yang ada didalam perusahaan bertindak untuk mencapai tujuan perusahaan. Manajer yang baik dituntut untuk memiliki keahlian ini karena keberhasilan dalam mengarahkan karyawan merupakan salah satu kunci keberhasilan perusahaan. Menangani hal ini perusahaan akan memberikan Job Enrichment yaitu memberikan penambahan tugas dan tanggung jawab.

Nama : Said Umar
Keterampilan yang belum dimiliki  : Kerja sama : Pemimpin harus mampu mendorong setiap stafnya untuk bekerja dalam kelompok, saling membantu, berjuang bersama, selalu menajaga kebersamaan, mau berbagi informasi kerja dengan sesama kolega, dan selalu berkomunikasi secara terbuka dalam hal pekerjaan. Mengatasi hal ini perusahaan akan memberikan Job Enrichment yaitu memberikan penambahan tugas dan tanggung jawab
Pada perusahaan kami yang memberikan saran adanya konsultan hukum adalah direktur utama  dimana konsultan hukum digunakan untuk memberikan saran bagi perusahaan mengenai tata cara hukum yang ada.

Pertimbangan Tim Manajamen Lainnya
Pada perusahaan kami menyediakan saham 50% sehingga dewan direksi akan bekerja sesuai dengan saham yang ditanamkannya. Jika pemegang saham menaruh 50% sahamnya maka pemegang saham diberikan hak khusus yakni mengatur penjualan dan promosi produk.

Analisis Keuangan
A.    Persentase ikan yang hidup 95% persentase ikan dari 4000 ekor
4000 x 95 : 100 =3800 ekor
Jadi Persentase ikan yang hidup 3800 ekor

B.       Penentuan Harga dan penerimaan
Setip 1 kg ikan berisi 8 ikan lele jadi 3800 ekor/8 ekor  =475kg
Hara jual = 475 x 14.000 = Rp. 6.650.000,-

C.     Pengeluaran 1 kali produksi
Biaya tetap + biaya variabel
Rp.1.360.000+Rp.996.000 = Rp.2.356.000

D.    Keuntungan dari hasil penjualan sekali produksi/ 3 bulan
Penerimaan – Pengeluaran
Rp. 6.650.000 – Rp.2.356.000= Rp. 4.294.000
Dengan demikian selama 3 bulan kami dapat memperoleh keuntungan sebesar
Rp. 4.294.000 (empat juta dua ratus sembilan puluh empat ribu rupiah)

E. Biaya Pembangunan Gedung
Total Pembiyaan Gedung = Rp 20.000.000.000


Rencana Keuangan
  1. Rencana harga
Harga per kilo ikan lele selalu berubah-ubah. Harga yang di dapat dari pasaran, yaitu:
Rp. 10.500,00 per kilo untuk benih
Rp. 300.000,00 per kilo untuk induk diberika 1 betina 3 jantan
  1. Analisis Pendapatan
Apabila telah didapat harga perkilonya kita hanya perlu menghitungnya sebagai berikut: Jumlah hasil panen x harga per kilo
150 kg x Rp. 10.500,00  =Rp. 1.575.000,00
  1. Analisis Laba
Laba bersih panen.pertama
Jumlah pendapatan hasil panen – (biaya tetap + biaya variabel)
Rp. 1.575.000,00  –  Rp. 785.800,00 = Rp. 789.200,00
Laba bersih panen selanjutnya
Jumlah pendapatan hasil panen – biaya variabel
Rp. 1.575.000,00 – Rp. 548.200,00 = Rp. 1.026.800,00

 Laporan Keuangan
70%
Annual Growth Rate :

60%
Cost Of Goods Sold :

74.3%
Average Sales Transaction :

Year 1 Sales Forecast




Bayu Radityo

Seorang lulusan teknik informatika yang senang dalam berbagi ilmu pengetahuan, dan membuat karya digital berupa photomanipulation dan digital drawing. instagram external-link

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama