Pengantar Komputasi Modern - Penerapan Komputasi Modern

Nama : Bayu Radityo
Kelas : 4IA22
Mata Kuliah : Pengantar Komputasi Modern
Dosen : Rina Noviana

Komputasi adalah suatu cara memecahkan suatu masalah dengan membuat langkah-langkah / urutan yang di kenal sebagai algoritma. Pada komputasi modern dapat di katakan sebuah konsep sistem yang menyimpan instruksi dan di simpan pada memory sebuah komputer, oleh karena saat ini melakukan komputasi menggunakan komputer maka di sebut sebagai komputasi modern.

Von Neumann (1903 - 1957) adalah seorang ilmuwan yang mengkaji komputasi modern, ia juga seorang konsultan untuk pengembangan ENIAC, Von Neumann merancang arsitektur komputer yang masih di gunakan sampai sekarang ini yaitu program yang tersimpan (program dan data di simpan pada memori) dengan pengendali terpusat, I/O, dan memori.

Dalam kerjanya komputasi modern menghitung (dalam hal ini membuat langkah) dan mencari solusi untuk memecahkan masalah dimana perhitungan tersebut meliputi :
  1. Akurasi
  2. Kecepatan
  3. Volume Besar
  4. Modelling, dan
  5. Kompleksitas
Terdapat beberapa jenis komputasi modern, di antaranya :
  • Mobile Computing : Komputasi bergerak yang dapat di bawa kemana saja. Jenis mobile computing di antaranya laptop, smartphone, dan PDA. Beberapa aplikasi mobile computing di antaranya Location Aware Service, GPS, Information Service, dsb.
  • Grid Computing : Komputasi menggunakan komputer terpisah dari geografis, terhubung ke jaringan untuk menyelesaikan masalah dalam skala besar. Beberapa contoh Grid Computing di antaranya Sceintific Simulation, Medical Images, Computer-Aided Drug Discovery, dan e-Learning.
  • Cloud Computing : Komputasi yang terstruktur dinamis dan tersedia dengan sumber daya virtual yang menyediakan layanan melalui internet. Beberapa contoh cloud computing di antaranya email, data storage online, kolaborasi email dan data storage online, virtual office (seperti Microsoft Office Live), Amazon EC2 Virtual Computing, layanan hosting dsb.
Penerapan Komputasi Modern

Dengan kemajuan teknologi yang semakin baik maka kemampuan dari komputasi modern juga semakin berkembang dan memperbaiki kesalahan-kesalahan di masa lalu. Salah satu penerapan komputasi modern dapat di lihat pada halaman website tutorialspoint.com .


Tutorialspoint adalah website edukasi yang memberikan sejumlah materi pembelajaran yang kebanyakan tentang berbagai bahasa pemrograman mulai tingkat rendah, menengah hingga bahasa pemrograman tingkat tinggi. Namun tutorialspoint tidak hanya sekedar memberikan sejumlah materi edukasi, pada website ini menyediakan sejumlah layanan dan fitur dari penerapan komputasi modern. Beberapa layanan tersebut di antaranya :



  1. Codingground : Merupakan salah satu layanan yang di sediakan oleh tutorialspoint yang menyediakan berbagai kompilator bahasa pemrograman di mana pengguna dapat menggunakan langsung kompilator tersebut pada website tutorialspoint dan di gunakan secara gratis.

    Salah satu contoh terminal pada salah satu bahasa pemrograman dari banyak compiler yang di sediakan

    Dengan kompilator online ini, pengguna dapat menjalankan script / kode program secara online serta membantu pengguna yang mungkin memiliki spesifikasi komputer kecil sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan instalasi compiler terlalu banyak.
  2.  NetMeeting : Merupakan layanan yang di sediakan tutorialspoint untuk melakukan meeting secara online, artinya, meeting di lakukan menggunakan webcame. Penggunaan NetMeeting tidak memerlukan registerasi pengguna, cukup dengan membuat ID unik yang di gunakan sebagai alamat ruangan (room) untuk melakukan meeting. NetMeeting sangat bermanfaat untuk melakukan pembelajaran secara virtual

    Halaman Awal NetMeeting
    Halaman Room NetMeeting
    Pada halaman ini pengguna dapat berkomunikasi melalui via webcame, pada halaman ini juga pengguna dapat memberikan undangan meeting kepada pengguna lain melalui email.
  3. Tutor Connect : Merupakan layanan yang di sediakan secara gratis untuk mencari tenaga pengajar (tutor) dari seluruh dunia yang dapat memberikan materi pembelajaran secara online maupun offline. Meskipun layanan ini di sediakan secara gratis akan tetapi setiap tutor memasang tarif harga yang berbeda-beda, artinya, pengguna harus membayar tutor tersebut dalam minimal 1x tutor.

    Salah satu biografi tutor
    Pada halaman biografi dari tutor kita dapat melihat biaya dalam sekali tutor (pembelajaran), setiap tutor juga menaruh biaya yang berbeda - beda untuk setiap materi yang mereka berikan. Di sini kita dapat melihat bahasa yang di kuasai oleh pengajar, lokasi ia berada, cara melakukan tutor, sekilas tentang dirinya, materi yang di kuasai dan pengalamannya pada setiap materi yang di kuasai.

  4. Development Tools : Menyediakan berbagai tools (peralatan) software professional secara gratis seperti text editor (Latex), programming editor (json dan xml editor), document viewer, image editor, programming formatter dsb yang berhubungan dengan jaringan.
Kesimpulan :
Tutorialspoint adalah paket lengkap dari sebuah komputasi modern, di mana pada satu halaman website ini menyediakan berbagai layanan yang membantu website ini tidak sekedar menjadi website edukasi biasa dalam memberi materi tetapi juga pengguna dapat langsung melatih kemampuannya menggunakan compiler online yang di sediakan.

Tutorialspoint juga menyediakan Tutor Connect untuk menemukan tenaga pengjara dari berbagai dunia untuk belajar materi yang di inginkan selain itu tutorialspoint juga menyediakan NetMeeting yang membantu para pengajar online memberikan materi (tutor) secara online kepada pengguna tanpa perlu membayar sedikit pun dari layanan tersebut. Tutorialspoint juga menyediakan Development Tools yang menyediakan berbagai tools software professional secara gratis.

Selain itu jika website ini di manfaatkan dengan baik oleh para pengajar di indonesia, tentu akan sangat bermanfaat bagi para pelajar, karena semua layanan dari website ini gratis namun untuk Tutor Connect tentu perlu membayar tenaga pengajar yang bersangkutan sesuai dengan harga yang di minta.

Sumber :
catatanfadhil
wikipedia
beritanet

Bayu Radityo

Seorang lulusan teknik informatika yang senang dalam berbagi ilmu pengetahuan, dan membuat karya digital berupa photomanipulation dan digital drawing. instagram external-link

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama