#PetGame Reviews Game Online dan Offline

Dragon Nest

Dragon Nest merupakan Games online MMO (Massive Multiplayer Online) genre RPG yang mulai Release untuk server Indonesia sekitar tahun 2012-2013 dan di prakarsai oleh Gemscool. Penulis sendiri pemain dragon nest sejak open beta tetapi untuk alasan tertentu penulis memutuskan untuk berhenti sejenak bermain Games Online. Bagi penulis, Games online satu ini memang cukup menarik dan berbeda dari kebanyakan Games Online. Tidak terasa hampir sekitar satu tahun tidak log in ke game ini sudah banyak yang berubah baik pada Interface, karakter maupun level, dungeon, equip, dsb bahkan sejumlah gamer menjulukinya "Welcome to Era T5" oleh focusdn dan sejumlah forum gamers lainnya.

Dragon Nest menggunakan User Interface Full Non - Diegetic yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya Interaksi Fisik pada Game, jenis Non - Diegetic merupakan desain UI yang hanya terlihat oleh pemain dan tidak dilihat atau dirasakan oleh karakter didalam games.


A: Character Avatar : Menampilkan level karakter, nama, jumlah HP, MP dan skill Buff
B: Mini Map : Menampilkan lokasi karakter, channel, kota, event dan guild
C: Daftar Quest : Menampilkan quest (tugas) yang di ceklis untuk di kerjakan. Warna kuning merupakan quest utama dari jalan cerita, sedangkan warna biru merupakan quest yang berasal dari NPC dan event.
D: Action / Skill Bar : Berisi gesture ketika mode berlari dan skill / item ketika mode bertarung, menampilkan EXP (Experience) dan FTG (Fatigue) dan Quick Action Menu.
E: Chatting Form : Chatting dari berbagai pemain dan notifikasi system.
F: Cursor Function : Quick action untuk menampilkan cursor.

Website Dragon Nest Indonesia : Gemscool
Webste Pengembang Dragon Nest : Eyedentity

Review Dragon Nest versi video



RF Online

RF-Online merupakan salah satu game MMORPG yang mengisahkan tentang perang dari tiga bangsa yaitu bangsa robot (Accretia), bangsa sejenis peri (Cora) dan bangsa manusia kerdil (cebol) tetapi memilikik teknologi tinggi (Bellato) tetapi biasanya didalam Games bangsa Bellato dan Cora membentuk aliansi dikarenakan perbedaan kekuatan kedua bangsa dengan bangsa Accretia.

RF Online sudah bertahan lama di Indonesia, sudah hampir sepuluh (10) tahun RF Online hadir di indonesia yang di prakarsai oleh Lyto Game. Penulis sendiri memainkan RF Online ketika closed beta sekitar tahun 2007, tetapi untuk beberapa alasan seperti RF Online Private Server, Games Offline dan Games Online terbaru dengan tampilan grafis yang lebih memukau membuat penulis mulai meninggalkan RF Online. Meski begitu, RF Online indonesia masih mempertahankan eksistensinya yang hampir sepuluh (10) tahun belum menutup layanan ketika Developer Games ternama lainnya yang baru tiga sampai empat tahun sudah menutup layanannya.

Trailer RF Online



RF Online dan kebanyakan games online MMORPG menggunakan user interface Non-Diegetic karena games online MMORPG kelihatannya tidak terfokus dengan UI yang kompleks yang terkesan justru memberikan efek tidak nyaman bagi players. Penulis kira MMORPG memang sering dan cocok menggunakan Non-Diegetic karena games RPG berfokus pada jalannya permainan.

A: Character Info : Menampilkan Level, jumlah HP, SP, MP, dan point player.
B: Skill Buff : Menampilkan sejumlah skill Buff
C: General Information : Menampilkan sejumlah informasi umum seperti Quest, Point kontribusi (hasil perang chip), guild kehormatan, dan pemimpin bangsa.
D: Ore Deposit : Menampilkan sisa tambang Ore.
E: Quick Bar : Berisi sejumlah aksi cepat untuk menggunakan skill, mengganti equip, gesture dan Skill Buff.
F: Chatting Form : Tempat player untuk chatting dan melihat notifikasi sistem.
G: Mini Map : Ukuran minimap dapat diperkecil jika merasa terganggu.

Kekurangan :
1. Butuh spesifikasi setidaknya 4GB RAM untuk memainkan Dragon Nest ketika server dan cannel sedang sibuk (ramai).
2. Rata-rata player mengaku merasakan kesusahan mendapat Gold (uang) di Dragon Nest disebabkan Dungeon yang memang terbilang "agak rumit" jika tidak disesuaikan dengan equip.
3. Saat ini selama penulis mencoba memainkan RF Online Indonesia, sangat sering terputus dari server, tidak diketahui apa penyebabnya.
4. Masih sering adanya Diskriminasi Character / Job / Class tertentu yang tidak bisa membantu kerja sama anggota party
5. Kebanyakan games online memiliki "Private Server" atau sejenis server illegal / milik perusahaan tidak terdaftar. Walau begitu tidak sedikit player yang tertarik dengan private server karena dari segi equip, item langka, uang, level, dsb pada private server mudah untuk didapat, sayangnya private server sering mengalami masalah keseimbangan sistem damage, koneksi, dsb dan pelayanan online tidak bertahan lama.
6. Games Online biasanya memiliki sistem Kontrak Kerja Sama, sehingga ketika kontrak sudah tidak di perpanjang atau developer Games sudah tidak diperbolehkan memperpanjang kontrak lagi maka pelayanan Games Online akan tutup.

Keunggulan:
1. Dragon Nest memiliki tampilan lebih baik dari RF Online.
2. Dragon Nest memiliki UI yang cukup kompleks dan menarik.
3. Dragon Nest bisa menanam tanaman yang nantinya bisa dijual kembali tetapi juga membutuhkan bibit (biji) tertentu yang cukup langka untuk tanaman yang dijual dengan harga mahal.
4. Dragon Nest bisa memasak dari hasil menanam.
5. Skill, Animasi dan Musik pada Dragon Nest sangat memukau
6. Dungeon dan PVE Dragon Nest lebih menarik dan menantang dari RF Online
7. Grafis RF Online tidak seberat Dragon Nest
8. Kedua game memiliki sistem Lelang.
9. Ketika waktu Perang Chip RF Online dimulai sangat menarik ketika perang benar-benar saling berhadapan melawan antar bangsa
10. Sistem kepemimpinan disetiap bangsa RF Online
11. Pemimpin bangsa dan anggota pendukungnya dapat menggunakan Nuclear untuk membersihkan banyak pemain.
12. PVP pada RF Online lebih menarik dari Dragon Nest
11. Banyak gamers yang bergabung dengan Guild sering mengadakan pertemuan langsung sebagai acara perkenanalan.

Setelah mereview dua games Online favorite penulis, penulis juga akan review sedikit games offline favorite penulis diantaranya Planetbase dan Artificial Defense.

Planetbase

Planetbase merupakan games offline dengan genere Strategy karena gameplay dari games ini adalah membentuk koloni di suatu planet dan koloni tersebut harus mampu bertahan dari setiap keadaan yang terjadi diplanet yang disinggahi. Bagi penulis games ini sangat baik dan bagus, selain tidak mengandung unsur negative, games ini juga dapat melatih pemain untuk membuat strategy dengan membangun dan membantu koloni bertahan hidup selain di planet bumi.

Planetbase tidak hanya sekedar membentuk koloni / kehidupan baru di suatu planet tetapi juga menggambarkan masa depan tentang manusia yang dapat berpindah-pindah antar planet. Pada gameplay-nya terdapat sejumlah kapal luar angkasa yang dapat mendatangi koloni yang diciptakan pemain, ada tiga jenis pesawat yaitu pesawat untuk koloni yang mendatangkan koloni baru, pesawat untuk Trader atau sejenis pesawat penjual barang tertentu dengan sistem barter dan pesawat Visitor atau pengunjung yang sekedar berkunjung ke koloni dan nantinya akan kembali ke koloni asal / bumi.

Namun pada gameplay-nya, terkadang pesawat visitor bisa menjadi ancaman ketika diberikan izin untuk memasuki koloni, visitor dapat menyerang koloni yang diciptakan pemain untuk mengambil alih, untuk mengantisipasi serangan visitor maka pemain dapat menambah jumlah Guard pada koloni yang diciptakannya.

Mengenai interface, Planetbase menggunakan interface Non-Diegetic karena menggunakan elemen HUD, dan Cursor. Elemen HUD pada games sangat membantu pemain untuk memantau apa saja yang dibutuhkan oleh koloni, sedangkan cursor pada games membantu untuk melakukan click pada bangunan dan HUD.

Keunggulan:
1. Melatih kemampuan pemain dalam mengatur strategy
2. Melatih kesabaran pemain dalam membangun koloni
3. Games tidak memakan banyak ruang RAM dan graphics tetapi untuk mendapat tampilan yang sangat bagus setidaknya membutuhkan RAM 4GB dan memory graphics 2GB.
4. User Interface yang cukup baik dan tidak membingungkan pemain
5. Animasi dan suara pada games terdengar sangat baik.
6. Memiliki sistem notifikasi

Kekurangan:
1. Koloni yang tersedia hanya para pekerja tidak ada Non-Pekerja
2. Pekerja tertentu lebih sering mode Idle (hanya berdiam saja)
Bayu Radityo

Seorang lulusan teknik informatika yang senang dalam berbagi ilmu pengetahuan, dan membuat karya digital berupa photomanipulation dan digital drawing. instagram external-link

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama