Belajar SQL menggunakan XAMPP - Apa itu XAMPP?

Pada pertamakalinya saya akan mencoba untuk memberikan sedikit ilmu tentang belajar SQL menggunakan Xampp karena kebetulan ilmu ini bagian dari jurusan saya di perkuliahan. Oke kembali ke topik, apa itu SQL dan Xampp? SQL (Structured Query Language) adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk memodifikasi dan mengakses kumpulan data atau informasi dari sebuah penyimpanan terstruktur yang disebut Database, didalam SQL kita dapat membuat data dalam bentuk tabel dan setiap data saling berelasi (terhubung), maksudnya, setiap tabel bisa saling menampilkan data dari tabel berbeda selama sintaksnya itu benar. Tabel yang dimaksud adalah sebagai berikut :

Tabel SQL Database :

Database SQL menyimpan data dalam bentuk tabel dikarenakan fungsinya untuk membeda-bedakan data A dan data B dalam memasukkan / mancatat data, misalkan, dalam dunia bisnis tabel SQL digunakan untuk memudahkan berbagai wilayah operasi : Tabel untuk pelanggan, tabel karyawan, tabel gaji dsb. Lalu apa saja elemen dari SQL? Ada banyak elemen dalam SQL diantaranya : Field, key, data value, entitas, attribut, tupel, relasi dsb.

  

Seperti itulah bentuk tabel SQL yang tidak dalam bentuk GUI dengan Xampp. Warna merah menandakan Atribut/Kolom/Field , warna biru menunjukkan record/baris/tupel, dan warna kuning merupakan tabel nilai yang menjadi nilai dari tabel tersebut.

Apa itu XAMPP?

Xampp adalah Virtual Server / Server yang berdiri sendiri (localhost) dan menggabungkan beberapa program seperti Apache, MySQL, File Zilla, Mercury dan Tomcat. Xampp diciptakan untuk mempermudah pembuatan aplikasi berbasis database yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Perl serta menyediakan SQL dalam bentuk GUI yang langsung menginputkan data tanpa mengetikkan sintaxnya.
Dengan XAMPP anda juga bisa membuat website dengan menggunakan bahasa PHP, dan dapat menggunakanFramework PHP untuk mempermudah dan lebih cepat untuk pembuatan web berbasis PHP.

Bagaimana menginstall dan menggunakan XAMPP?

Untuk menginstallnya terlebih dahulu untuk mendownload softwarenya di Apachefriends, situs resmi pengembang XAMPP dan setelah mendownload pengguna cukup mengikuti setiap langkah instalasi. Jika sudah berhasil menginstall XAMPP, pastikan untuk menjalankan programnya dan menjalan module yang diperlukan 


Setelah berhasil menjalankan module di XAMPP Control Panel, buka browser dan ketikkan localhost atau 127.0.0.1 di kotak halaman kemudian pilih phpMyAdmin dan disana anda bisa membuat database dalam berbasis GUI. Tetapi dalam postingan ini tidak membahas pembuatannya dalam basis GUI, yang akan dibahas post ini dengan melakukan koding menggunakan Command Prompt, bagaimana caranya? Berikut adalah langkah-langkah membuat database MySQL dengan XAMPP secara manual (koding) menggunakan Command Prompt :

1. Buka Drive C:
2. Buka folder xampp yang langsung ada disana
3. Buka folder mysql dan bin
4. Drag and Drop file dengan nama mysql ke Command Prompt dan Enter. Sekarang anda sudah bisa membuat database dengan cara di koding. Lalu bagaimana sintaxnya? Dapat dilihat dipostingan selanjutnya. Selamat mencoba.
Bayu Radityo

Seorang lulusan teknik informatika yang senang dalam berbagi ilmu pengetahuan, dan membuat karya digital berupa photomanipulation dan digital drawing. instagram external-link

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama