Belajar SQL dengan XAMPP - Bahasa Pemrograman SQL


SQL(Structured Query Language) adalah bahasa pemrograman standar yang digunakan dalam Manajemen Database Relasional (RDBMS), terakhir kali bahasa SQL diperbaharui 6 tahun lalu sebagai SQL: 2008. Keunikan bahasa SQL ada pada dialek-nya dikarenakan saat ini kebanyakan server basis data memiliki dialek masing-masing untuk pengembangannya maka tak heran jika menemukan banyak varian perangkat lunak SQL seperti Oracle SQL / MySQL, Oracle PL/SQL, SQL *Plus, Microsoft SQL, dsb. Walaupun demikian banyaknya varian perangkat lunak berbasis SQL pada dasarnya tetap menggunakan syntax SQL, kita bisa melihat contoh dan perbedaan Syntax dari SQL, PL/SQL dan SQL *Plus di halaman Oracle.

Penulis hanya menggunakan beberapa yang sekiranya mudah, murah dan ringan untuk PC, setelah melihat postingan sebelumnya tentang Belajar SQL dengan XAMPP pasti sudah mengerti tentang XAMPP kan? Jika belum, bisa searching di Google yang mungkin lebih dapat membantu. Dalam belajar bahasa pemrograman kita butuh pemahan teori dan konsep bahasa pemrograman itu sendiri terlebih dahulu agar tahu cara melakukan kodingnya dan tahu aturan yang menjadi standar si bahasa pemrograman itu.

Secara umum SQL terdiri dari dua bahasa pemrograman yaitu DDL (Data Definition Language) dan DML (Data Manipulation Language) tetapi sebagai tambahan ditambah DCL (Data Control Language) guna mengator kendali kepada User. Dari ketiga jenis bahasa tersebut memiliki perintah dan fungsi yang berbeda sbb :

DDL (Data Definition Language) berfungsi untuk mendefinisakan data, artinya, membuat database dan tabel, data pada tabel yang diinginkan, dan menghapus database dan tabel MySQL. Perintah DDL sebagai berikut :
  • Create : Digunakan untuk membuat database dan tabel baru
  • Alter : Digunakan untuk melakukan modifikasi / merubah struktur tabel seperti menambah, mengganti nama, dan menghapus kolom pada tabel database.
  • Use : Digunakan untuk menggunakan database. Setelah membuat database tidak serte merta langsung bisa membuat tabel, terlebih dahulu gunakan database yang akan dibuat data tabel-nya.
  • Drop : Digunakan untuk menghapus database dan tabel.

DML (Data Manipulation Language) berfungsi untuk memodifikasi data, artinya, melihat data, memasukkan (input) data, memberbaharui dan menghapus data pada tabel MySQL. Perintah DML sebagai berikut :

  • Select : Digunakan untuk menampilkan data pada tabel
  • Insert :  Digunakan untuk menginputkan / memasukkan data kedalam tabel
  • Update : Digunakan untuk memodifikasi data pada tabel
  • Delete : Digunakan untuk menghapus data pada tabel

DCL (Data Control Language) berfungsi untuk mengatur dan memberi hak akses kepada User untuk mengakses database dan tabel. Perintah DCL sebagai berikut :

  • Grant : Memberikan hak akses oleh Administrator kepada User. Dimana hak akses yang dimaksudkan seperti Create, Delete, Select dan Update.
  • Revoke : Digunakan untuk menghapus hak ases User oleh Administrator.

Itulah pengertian dan jenis-jenis perintah SQL yang dapat digunakan. Terimakasih, semoga bermanfaat.
Bayu Radityo

Seorang lulusan teknik informatika yang senang dalam berbagi ilmu pengetahuan, dan membuat karya digital berupa photomanipulation dan digital drawing. instagram external-link

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama