Review Lengkap Elite Dangerous - Video Game dengan Peta Terluas

Greetings Commander, pada kesempatan kali ini penulis ingin memberikan review/ulasan dari game yang sudah lama penulis mainkan yaitu Elite: Dangerous, adalah video game open world yang bertemakan penjelajahan  luar angkasa yang sama seperti No Man's Sky namun banyak hal yang berbeda dari Elite Dangerous dan mungkin jauh lebih menarik karena selain memiliki ukuran map/dunia game yang sangat luas, bahkan terluas yang pernah ada dan diciptakan pada sebuah video game juga game ini dapat di mainkan online untuk menjelajahi Milky Way Galaxy / Galaksi Bima Sakti. 

Tidak sampai disitu, sejak awal rilis pada tahun 2015 game ini masih mendapat dukungan update hingga sekarang bahkan akan ada fitur dan update terbaru yang akan datang di awal tahun 2021 mendatang serta jumlah pemainnya yang masih mencapai hingga ribuan pemain setiap harinya. Nah lalu seperti apa game ini? Berikut ini beberapa hal yang penulis review/ulas dari game ini :


1. Map - Elite: Dangerous memiliki ukuran map/dunia yang penulis fikir memiliki map terluas dari berbagai video game open world yang ada, pasalnya jika game seperti GTA V, Skyrim, atau RDR 2 dsb itu hanyalah membuat map seukuran sebuah kota/wilayah di bumi/planet tertentu tetapi untuk Elite: Dangerous menampilkan seisi planet dari luar angkasa/antariksa bahkan berdasarkan wikipedia game ini mengadapatasi skala 1:1 sebenarnya atas representasi dari Milky Way Galaxy / Galaksi Bima Sakti. 

ED memiliki tiga model map yaitu Galaxy Map seperti pada screenshot di atas yang menampilkan semua sistem bintang yang berdasarkan wiki fandomnya ada berjumlah sekitar 400 miliar sistem, dengan menggunakan representasi nyata dari galaksi bima sakti membuat game ini berbeda dari game sejenis seperti No Man's Sky yang menggunakan procedural generation namun lebih bersifat fiksional. Selain itu, ada System Map yang menampilkan peta dalam setiap satu sistem bintang, dan Planetary Map yang menampilkan informasi dari planet yang bisa menjadi tempat untuk mendarat, tiga model mapnya sebagai berikut :

Full Galactic Map - Source : reddit
Galactic Map Pada Saat di Zoom
System Map
Planetary Map

Tidak semua planet bisa menjadi tempat pendaratan, kalian hanya bisa mendarat pada planet selain berwarna biru dan hanya untuk keperluan menambang bebatuan/mineral yang bisa kalian jual / untuk keperluan misi serta kalian juga memerlukan Planetary Vehicle Hangar dan Vehicle Bay saat melakukan pendaratan agar bisa menjelajahi planet tersebut dan melakukan aktivitas penambangan.


2. Gameplay - Pada gameplaynya kalian menjadi seorang pilot kapal luar angkasa dimana manusia sudah mampu berpindah-pindah planet dan menjelajahi luar angkasa dengan pesawat, di game ini juga memiliki waktu tersendiri yang pada saat penulis membuat review ini menunjukan tahun 3306. Ada banyak misi yang bisa kalian ambil untuk mendapatkan uang namun konfigurasi pesawat kalian nantinya akan mempengaruhi kebutuhan misi kalian, kalian dapat mengkonfigurasi pesawat kalian untuk misi cargo/pengantar barang, untuk kapal penumpang (passanger), untuk menambang ataupun sebagai kapal petarung untuk melawan alien dan kapal pembajak/kriminal. 

Selain itu terdapat sistem rank untuk mengukur kemampuan pilot (pilot rank) serta reputasi dan rank terhadap wilayah kekuasan dari superpower, semakin tinggi rank terhadap superpower akan membuat pemain untuk dapat membeli pesawat baru yang masing-masing dimiliki oleh superpower, untuk melihat beragam jenis dan model pesawat yang ada di Elite: Dangerous kalian bisa klik disini, sementara untuk melihat pilot rank maupun reputasi dapat di lihat di akhir artikel.

Pilot Rank
Reputasi dan Rank terhadap superpower

Berbagai misi yang kalian ambil tentu memiliki resiko untuk diganggu / diserang secara mendadak oleh pemain lain maupun AI (Pesawat pembajak) serta pesawat keamanan (security) jika kalian diketahui membawa barang/kargo ilegal dari misi penyelundupan (smuggling) ataupun membawa penumpang berstatus kriminal, jika terjadi kalian akan dikenakan bounty dan harus membayar sejumlah uang penggantian, maka pastikan kalian membaca mission board dengan baik.

Detik-detik pesawat di cegat oleh pesawat pembajak

Pada saat kalian mengambil misi kargo ataupun miner kalian akan lebih sering di ganggu oleh pesawat pembajak ataupun pemain lain sehingga pesawat kalian di serang dan di hancurkan untuk di ambil isi kargo yang dibawa, pesawat kalian akan ditarik ke dalam Interdiction seperti pada gambar screenshot di atas serta menampilkan pesan tertentu, dalam hal tersebut kalian perlu mengarahkan pesawat kalian ke arah Escape Vector untuk dapat melarikan diri, jika berhasil keluar pastikan untuk terbang secepat mungkin tiba di stasiun luar angkasa tujuan namun jika tidak berhasil hanya ada dua pilihan, yaitu berusaha kabur dan menunggu pesawat bantuan (security) tiba atau melawan dengan resiko kekalahan jika memang jarang melakukan pertempuran, selain itu biasanya konfigurasi pada pesawat kargo, miner maupun passenger tidak cukup mendukung untuk melakukan pertempuran kecuali jika pemain sudah cukup mahir melakukan pertempuran.

Source : Elite: Dangerous Wiki Fandom

Sementara bagi kalian yang ingin mengkonfigurasi pesawat untuk menjalankan berbagai misi pertempuran seperti bounty hunter, melawan penyelundupan ataupun melawan alien sangat di sarankan untuk bergabung ke Squadron sehingga kalian tidak sendirian dalam pertempuran, karena saat melakukan pertempuran bisa saja musuh yang dihadapi tidak hanya satu pesawat sehingga ketika bergabung dengan squadron kalian akan berburu bersama dengan anggota squadron lainnya, anggota squadron disini bukanlah AI melainkan pemain asli.


3. Karakter
Di game ini kalian bisa membuat, memodifikasi dan mengganti karakter kalian sebanyak apapun kalian inginkan tanpa perlu mengulang permainan dari awal ataupun membuat akun baru. Sementara untuk perlengkapan kosmetik yang paling signifikan hanyalah kostum / baju yang dikenakan pilot dan hanya bisa di beli menggunakan ARX yang kalian miliki, sementara untuk rambut dsb tersedia secara gratis.

Source : Frontier
4. Update
Pada 3 Juni 2020 Frontier mengumumkan secara official akan memberikan "Update Besar" pada Elite Dangerous yang di namai Elite: Dangerous Odyssey sebagai expansion pack berbayar. Ada banyak hal yang dapat dilakukan nantinya ketika update ini resmi dirilis pada awal tahun 2021 diantaranya dapat mendarat di planet ber-atmosfir, berjalan di permukaan planet dan bulan, berinteraksi dengan pemain lain saat mendarat di stasiun luar angkasa, makhluk hidup baru, jetpack, gaya menembak fps dsb yang benar-benar luar biasa atau lebih kurang mungkin akan terlihat seperti Star Citizen dengan ciri khas tersendiri dari Elite Dangerous.

5. Tools
Ada sejumlah tools tambahan (diluar dari game) yang bisa kalian gunakan untuk membantu berbagai keperluan kalian, diantaranya adalah :
  • Coriolis.io yang bisa kalian gunakan untuk simulasi membangun pesawat dengan lengkap beserta rincian harga yang tertera, rincian harga mungkin tidak akurat bisa lebih atau kurang, tergantung pada nilai jual dari setiap sistem bintang. 
  • Elite: Dangerous Database sebagai pusat data lengkap untuk membantu berbagai keperluan & misi seperti mencari barang, modul pesawat, system dsb dengan mengarahkan tujuan berdasarkan system terdekat dari posisi pemain.
  • INARA adalah tools lengkap bagi para pemain Elite: Dangerous yang tidak hanya menyediakan database tetapi juga menyediakan ruang diskusi, berita terbaru, gallery screenshot dan video, serta logs history pemain dari misi yang pernah diambil, system yang pernah di tuju, dsb, selain itu biasanya sejumlah squadron mewajibkan pemain untuk mendaftar melalui INARA.
  • Voiceattack tools yang digunakan untuk mengontrol game dan aplikasi melalui Voice Recognition termasuk Elite: Dangerous sehingga membuat pengalaman bermain menjadi lebih menyenangkan, untuk melihat simulasinya silahkan klik disini.
6. Saran
Jika kalian adalah pemain baru di Elite: Dangerous, ada beberapa hal yang dapat penulis sarankan :
  • Jangan lewati tutorial untuk melakukan pendaratan dan menerbangkan pesawat dari stasiun luar angkasa, menambang, mengambil barang/kargo yang hilang, menembak/menghadapi musuh dsb.
  • Jangan berhenti di depan pintu masuk stasiun luar angkasa yang dapat menyebabkan dikenakan bounty
  • Pada awal permainan ambil lah misi kargo dan terbang secepat mungkin untuk menghindari pesawat pembajak serta bermain di mode solo player sehingga tidak diganggu pemain lain.
  • Tingkatkan pilot rank dan reputasi dari local system dan superpower untuk mendapatkan misi dengan bayaran yang lebih tinggi.
  • Baca guideline dan saran-saran dari pemain lain di sejumlah forum untuk mendapatkan misi dengan bayaran tinggi ataupun konfigurasi pesawat yang sesuai dengan kebutuhan misi kalian.
7. Tambahan
Pada sekitar oktober 2019 muncul berita seorang professor ilmu komputer dari Universitas Texas di Dallas telah berhasil memecahkan rekor baru untuk mencari rute tercepat dari sistem sol (sistem bintang planet bumi berada) menuju sistem bintang yang berjarak 22.000 tahun cahaya, Colonia, bahwa sebelumnya rekor tersebut berhasil di selesaikan dengan waktu tempuh 1:55:32 dan berhasil mendapatkan rekor baru dengan waktu 1:38:11, "Saya menyadari bahwa masalah menemukan rute tercepat dari Bumi ke Colonia sebenarnya adalah masalah teori grafik yang terkenal yang kami ajarkan dalam ilmu komputer" kata Hamlen kepada majalah UT Dallas dikutip dari majalah online pcgamer, kendati demikian masih belum diketahui teori apa yang di gunakan oleh sang professor.

Kesimpulan :
Video game open world sangatlah menarik terlebih saat game tersebut tidak hanya memiliki kualitas grafis yang tinggi tetapi juga dapat bermain online secara massive (Massive Multiplayer Online) dan memiliki ukuran map/dunia yang sangat luas. Elite: Dangerous menjadi game open world yang sangat unik dan lebih realistis dibanding game sejenis karena menggunakan representasi nyata dari Milky Way Galaxy / Galaksi Bima sakti, selain itu, dukungan update pengembang juga masih terus di lakukan sehingga membuat game ini menjadi tetap hidup dan di minati oleh banyak pemain. Sepertinya game Elite: Dangerous ini menjadi satu-satunya pesaing berat dari game sejenis seperti Star Citizen sekaligus menjadi sebuah revolusi industri video game.

Data jumlah pemain per 3 November 2020

Begitulah keseruan dari video game Elite: Dangerous, kira-kira menurut kalian seberapa besarkah map/dunia dari game elite dangerous ini, jawabannya dapat di tulis di kolom komentar. Sedangkan bagi kalian yang ingin memainkannya kalian bisa membelinya di Steam karena ini adalah game online sehingga tidak mungkin tersedia versi bajakan, penulis juga menyematkan beberapa referensi artikel yang mungkin menarik untuk di baca.

Referensi tambahan :
Elite: Dangerous Fandom : Odyssey - Diakses pada 3 November 2020
Elite: Dangerous Fandom : Empire/Ranks - Diakses pada 3 November 2020
Elite: Dangerous Fandom : Pilot Federation - Diakses pada 3 November 2020
Elite: Dangerous Fandom : Federation/Ranks - Diakses pada 3 November 2020
Elite: Dangerous Fandom : Third Party Tools - Diakses pada 3 November 2020
Bayu Radityo

Seorang lulusan teknik informatika yang senang dalam berbagi ilmu pengetahuan, dan membuat karya digital berupa photomanipulation dan digital drawing. instagram external-link

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama